Minggu, 03 April 2011

Kenapa harus Membeli di Breander

“Kok serama yang saya beli, dewasanya menjadi mirip kate ya? Kata penjualnya dulu, ini seraqma bagus.” Keluh seorang hobis pemula di daerah Bintaro.  Memaandang kosong pada sepasang ayam kecil di hadapannya. Sangat disesalkan memang, ayam yang dibeli dengan harga Rp.350.000,00 sepasang itu tidak memiliki cukup cirisebagai ayam serama. Bodinya kecil, namun kepala dan leher menjuntai keatas tidak tampak dada membusungnya yang besar.  “Maklum Mas, saya waktu itu hanya coba-coba ingin memelihara serama. Jadi saya beli yang masih kecil saja, toh anggapan saya waktu itu, besarnya akan sama.”   Kenangnya sewaktu membeli serama umur 2 minggu. Saat serama masih berumur 2 minggu bentuk fisiknya sulit dibedakan dengan ayam kate. Hanya oleh mereka yang telah memiliki jam terbang tinggi yang mampu membedakannya

Serama memiliki beberapa kelas kualitas yang kontras. Mulai yang termurah umur 5 buln berharga Rp.650.000.00 sampai dengan usia yang sama berharga lebih dari 10 juta. Namun bedanya sangat tipis, walau terlihat jelas. Saat masih kecil tentu bagi yang telah berpengalaman mudah untuk membedakannya. “ Sangat gampang kok Mas!” ujar pedagang di daerah Ciledug. “ Klo yang bagus itu kecil, anak 2 minggu seukuran jempol orang dewasa. Dari kecil pun bakat sombong sudah terlihat, dengan dada agak membusung!” Tapi masalahnya bukan disitu. Harga yang bagus walau masih anakan bisa mencapai 1 juta per ekornya.

Yang menjadi masalah adalah ketika hobis membeli serama yang biasa-biasa saja. Saat masih 2 minggu, nyaris susah dibedakan dengan ayam kate. “Beda tipis, sih! Tapi klo ahli sudah tau.” kata pedagang. Yang menjadi masalah tidak semua pedagang ahli. Terkadang mereka berdagang karena tuntutan kebutuhan, bukan kerena ahli. Nah, saat membeli serama bagaimana kita bisa tau, pedagang itu ahli atau tidak. Siapa tahu, walau pedagang tidak berniat menipu kita karena keterbatasan pengetahuannya, dia membeli serama anakan yang bukan serama kemudian menjualnya pada kita. Artinya pedagang tidak merasa bersalah, toh dia juga hanya membeli pada orang dengan modal percaya saja.

Ada kalanya data diri serama, terkait umur dan prospek kedepannya kurang akurat. Dalam hal ini, ambillah contoh pedagang I membeli serama usia 2 bulan lebih 1 minggu, kemudian dia jual karena ektimasi dia akan laku 1 minggu setlahnya, dia bilang pada pembeli yang datang ketempatnya usianya 2,5 bulan. Oleh pembeli kedua dijual lagi dengn ekspektari akan laku 1 minggu lagi, karena ada banyak pembeli, agar cepat dia bilang 3 bulan. Terus begitu seterusnya, akhirnya usia serama dari 2 bulan 1 minggu bisa berubah 3 bahkan 4 bulan pada tempo yang singkat. Apakah pembeli terakhir niat ditipu? Tidak dia hanya akumulasi manipuilasi umur secara berjamaah. Ada juga kasus, serama jelek karena telah banyak berpindah tangan reputasinya jadi bagus. Hal ini bisa terjadi karena setiap berpindah tangan akan memilki satu kelebihan baru. Akhirnya baguslag mutu dia di omongan, pada kenyataannya biasa saja.

Agar tidak kecewa dikemudian hari, ada baiknya Anda membeli serama pada ahlinya. Bagaimana tahu? Pilih aja membeli dari breader, lebih aman. Kita bisa tau kualitas indukan dan umurnya secara pasti. Ada beberpa keuntungan membeli serama dari breandernya langsung.
  • Kita tahu benar indukan serama yang kita beli. Klo perlu kita bisa ambil fotonya.
  • Karena belum berpindah tangan informasi yang diberikan masih cukup akurat.
  • Ketika seseorang memilih sekmen breander maka orientasi usahanya dia adalah jangka panjang, Sehingga akan lebih aman, karena dia pasti tau resika jangka panjang dari berbohong.
  • Breander umumnya memilki ke ahlian dalam merawat serama, sekalian beli sekalian konsultasi gratis. Ketika seseorang telah berhasil membiakkan seram, tentu dia telah terbiasa merawat serama. Lain dengan pedagang yang mengikuti trend saja.  
  • Pastinya lebih murah, karena penjualnya masih merupakan tangan pertama.
Selamat berbelanja serama, semoga serama yang anda beli dapat membuahkan kesenangan. Karena memelihara serama adalah hobi yang menyenangkan, bukan hobi yang mengecewakan.

1 komentar:

  1. kalo saya ingin membeli serama anakan umur 1 bln dimana belinya?? Kisaran Harganya berapa??

    BalasHapus